Menikmati Momiji di Kyoto

“Musim gugur adalah musim semi kedua, saat tiap lembar daun layaknya bunga,” begitu kata Albert Camus.
Nah, di Jepang, daun yang populer saat musim gugur adalah momiji. Daun berbentuk segi lima yang memerah ini sebenarnya tanda berakhirnya musim gugur. Suhu semakin turun, musim dingin siap datang. Oh ya, daun-daun yang berganti warna ini disebut juga koyo.

Kyoto adalah destinasi populer untuk momiji gari, berburu momiji. Di mana aja ya persisnya? Ini hasil perburuan kami tahun ini:

  1. Imperial Villa

Ada tiga vila Kaisar Jepang yang tersebar di Kyoto: Shugakuin, Katsura, dan Sento. Mau masuk ke sini, sih, gratis. Tapi harus reservasi terlebih dahulu. Nggak bakal rugi, deh. Berkelas banget. Kami aja nyesel baru tahu ada “surga” ini.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Shugakuin Imperial Villa
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Katsura Imperial Villa
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Sento

 

  1. Arashiyama

Barangkali ini destinasi terpopuler untuk menikmati momiji. Kalau lagi puncaknya, jalan kaki aja macet di sini. Tapi kami nggak kapok. Ini kali kedua kami menikmati momiji di Arashiyama.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Oh ya, kami juga naik ke Monkey Park

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

  1. Philosoper’s Path

Jalan setapak ini nggak cuma indah dilalui saat musim sakura. Momijinya pun bagus, terutama di ujung agak ke selatan. Terutama Nanzenji dan Eikando.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

  1. Ninnaji

Salah satu situs warisan budaya dunia yang ada di Kyoto.

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

  1. Takao

Nah, konon ini juga surga momiji tersembunyi. Sayangnya kami datang terlambat. Daun-daunnya sudah tersapu hujan, hiks. Mana naik turun bukit pula.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

  1. Ohara

Desa dengan hamparan sawah di utara Kyoto. Sayang waktu ke sana masih terlalu awal, daunnya belum merah.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

7. Nara

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Eh ini, sih, kota tetangga Kyoto. Nggak apa-apa, deh dimasukin juga. 😛

8. Fushimi Inari

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

 

Dan juaranya adalaaaah….. Sento! Rancangan taman Jepang yang cantik berpadu dengan merahnya momiji memang nggak ada duanya. Bener-bener, deh, seleranya Kaisar….

 

Oh ya, selain tempat-tempat di atas, berikut tempat menikmati momiji lainnya di Kyoto, yang sempat kami kunjungi tahun-tahun lalu.

  1. Kiyomizudera

20140101_143837_1

2. Gunung Hiei

14152521586_ab44c17fbc_o

3. Kurama

14170054991_e5afeb5c16_o
Apa lagi, ya? Lupa, hehe. Yang pasti, catat buat yang mau momijian di Kyoto tahun depan, ya! ^^
 

 

 

 

Advertisements

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s