Menjenguk Vila Kaisar Jepang di Kyoto (1): Shugakuin Imperial Villa

Di mana tempat paling indah untuk menikmati momiji, daun segi lima nan merah saat musim gugur di Jepang? Kalau menurut salah satu sahabat kami, Jafar, vila-vila Kaisar Jepang yang tersebar di Kyoto adalah yang terbaik.

Penasaran, Rabu (12/11/2014) lalu saya dan suami jalan-jalan ke sana. Eits, tak bisa asal masuk ternyata, meskipun vila ini dekat dengan tempat tinggal kami. Kami harus reservasi beberapa hari sebelumnya di Kantor Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang (Imperial Household Agency). Kebetulan kantor ini ada di kompleks istana Kyoto Imperial Palace/Gosho, depan kampus si Abah, jadi enak dekat, hehe. Bisa juga reservasi via internet di http://sankan.kunaicho.go.jp/english/guide/kyoto.html. Tiket masuknya? Gratis!

Jam sembilan di pagi yang mendung, kami melangkah masuk ke gerbang megah Shugakuin Imperial Villa. Oh ya, kami naik sepeda, dan ampuuuun, tanjakannya! Walaupun menggos-menggos, kami tetap semangat, tak mau kalah sama para lansia yang mau ikut tur. Tur dipandu langsung staf kepresidenan eh kekaisaran dalam bahasa Jepang. Tapi disediakan juga brosur dan kelengkapan audio berbahasa Inggris. Jadi, jangan kuatir bengong, deh.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Lagian, mau bengong gimana? Orang pemandangan di dalam vila ini luar biasa indah! Baru datang saja kami sudah disambut daun-daun memerah. Memang, sih, gak sepenuhnya merah karena ternyata belum puncak momiji. Tapi, teutetup, menakjubkan! Legen – wait for it – dary! Hehehe. Selengkapnya, lihat foto-fotonya, ya. Tapi bener, deh, sampai nggak konsen dengar penjelasan tentang sejarahnya. Selain karena terpesona cantiknya saujana, medan yang dilalui juga agak sulit. Melewati lebah dan bukit gitu, halah.

Shugakuin Imperial Villa dibangun antara tahun 1655-1659, terletak di area seluas 545.000 m2 di kaki bukit Higashiyama. Vila ini terdiri dari tiga bagian penting: bawah (lower villa), tengah (middle vila), dan atas (upper vila). Hmm, siapkan fisik Anda karena jalan yang dilalui akan menanjak. But it’s worth the effort! Once you reach the upper villa, oh my, it’s very beautiful! Ini fotonya-fotonya:

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Ini dia peta Shugakuin Imperial Villa


 

 

 

 

Advertisements

2 comments

  1. halo mas,, salam kenal.. mau tanya,, klo mau ikut tur ke villa ini resrvasi nya minimal brp lama sebelum kedatangan ya??klo dadakan apa bisa??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s