Fushimi Inari, Tempat Wisata Terpopuler di Kyoto

Nah, ini dia salah satu destinasi wisata favorit di Kyoto. Bahkan situs wisata Trip Advisor menganugerahi Fushimi Inari Taisha sebagai “Best of 2014 ranking of popular sightseeing spots in Japan for tourists from overseas”. Biasanya orang-orang yang pengen ke sini bilangnya, “Itu, lho, kuil yang ada di film Memoirs of Geisha”. 😉

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kuil yang didirikan tahun 794 ini terletak sepanjang 233 meter, di sepanjang bukit Inari. Di kaki bukit, kita disambut gerbang Romon, yang disumbang pemimpin terkenal Jepang, Toyotomi Hideyoshi, pada tahun 1589. Di balik Romon Gate, berdiri kuil megah, Go-Honden Shrine.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Setelah itu, perlahan menuju puncak bukit, berderet ribuan gerbang (senbon torii). Kalau nggak kuat mendaki sampai puncak, ya sedapatnya aja deh, yang penting foto, hehe.

Ya, kuil dengan deretan torii oranye menyala ini memang cantik banget buat obyek foto. Torii-nya sendiri adalah sumbangan individu, keluarga, atau perusahaan. Makanya kalau memperhatikan lebih dekat, di masing-masing torii ada tulisan, ya itu nama donaturnya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kuil agama Shinto ini didekasikan untuk Inari, dewa pelindung beras, yang diasosiasikan dengan kekayaan. Tapi memang daerah Fushimi ini daerah penghasil beras dan sake, sih. Kalau tahun baru, Fushimi Inari juga ramai sama orang Jepang yang berdoa untuk kesuksesan bisnisnya.

Oya, di Fushimi Inari ada sepasang patung rubah sebagai simbol. Konon kabarnya, rubah serupa patung itu kadang berkeliaran di sana! Penduduk lokal, sih, percaya sepasang rubah itu pesuruh dewa. Entah ada hubungannya apa nggak, di sekitar Fushimi Inari banyak jajanan yang berkaitan dengan rubah (kitsune), misalnya Kitsune Udon dan Inari-Sushi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Gimana, udah siap naik bukit, eh foto-foto? 😉

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Peta akses ke Fushmi Inari, oh ya kalau kemarin kami menggunakan Bus No. 5 dari Kyoto Station, bisa pake one day pass soalnya 😉 Oh ya bisa juga naik kereta JR Nara-Line atau Keihan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s