KOKOKA, Tempat Berkumpul Orang Asing di Kyoto

Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk orang asing di Kyoto adalah Kyoto International Community House/Kokai Koryu Kaikan) atau biasa disingkat Kokoka. Di sana kita bisa kursus Bahasa Jepang, belajar merangkai bunga, cari kesempatan kerja sampingan, sampai ikut berbagai event. Lengkapnya, bisa lihat http://www.kcif.or.jp/en/ .

Kalau pengalaman pribadi, sih, saya termasuk yang lumayan aktif ikut kegiatan di Kokoka. Awalnya ikut Easy Japanese Class sampai level 2. Tiap level ada 12 kali pertemuan. Merasa bahasa Jepangnya belum jago juga, saya datang ke Volunteer Class yang diadakan tiap hari Selasa sampai Minggu. Saya, sih, datang kadang-kadang aja, biasanya kalau nggak Selasa ya Kamis. Per pertemuan, sekitar 1,5 jam, cuma bayar 50 yen (sekitar 5000 rupiah)! Yang mengajar para relawan, kebanyakan lansia. Satu guru bisa pegang 1-4 murid, tergantung kemampuan Bahasa Jepangnya. Kalau rajin, sih, ikut volunteer class ini sudah bisa jago banget. Tapi sayangnya saya malas, hehehe. Oh ya, banyak juga peserta volunteer class ini yang turis temporer, cuma 1-6 bulan di Jepang dan pengen belajar Bahasa Jepang sedikit-sedikit. Di kelas ini, saya banyak bertemu teman-teman dari berbagai negara, dari berbagai latar belakang, dari turis bule Eropa sampai perempuan Filipina istri orang Jepang. Seru-seru, deh, cerita mereka. 😉

Gara-gara sering datang ke Kokoka buat kursus bahasa, saya jadi sering lihat-lihat pengumuman kegiatan lain. Jadilah kami datang kegiatan seperti Kokokids (buat anak-anak), pelatihan menghadapi bencana, pakai kimono gratis, dan jalan-jalan ke tempat wisata yang nggak biasa di Kyoto. Sebenarnya banyak kegiatan kebudayaan lain seperti ikebana, upacara minum teh, sampai festival film. Mau ikut juga, sih…. 😉

20140830_082204 2014-08-30 10.13.39

Selain itu, di Kokoka ada semacam papan pengumuman buat kerja sampingan. Beberapa kali saya dapat informasi soal mengajar Bahasa Indonesia atau mengisi seminar kecil. Ada juga informasi barang-barang bekas dan apartemen.

Kegiatan lain favorit keluarga kami adalah datang Kokoka Open Day yang diadakan tiap tahun bulan November. Pasar loaknya itu, lho, juara banget murahnya, hehe. Padahal keren-keren barangnya. Lumayan buat nyampah di apartemen mungil kami. Selain itu, ada berbagai stand makanan dari berbagai negara. Nah, tahun ini kami ikut jualan, nih, rame-rame bareng teman-teman Indonesia di Kyoto. Saya kebagian jualan rawon. Pertama kali, lho, saya jualan, hehe. Yang bikin senang, si Ayal semangat jualan pakai Bahasa Jepang. Alhamdulillah laris manis.

 

kokoka

Pokoknya, nggak pernah rugi ikut kegiatan di Kokoka. 😉

Peta akses ke Kokoka


 

(aul)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s