Dari K, Cokelat Premium Jepang dari Indonesia

Apa merek cokelat favorit Anda?

Silverqueen? Toblerone? Godiva?

Tahukah Anda bahwa Indonesia adalah penghasil biji kokoa – bahan baku cokelat –terbesar ketiga dunia? Sayangnya, para petani kokoa tak tahu betapa nikmatnya rasa biji kakao yang telah diolah jadi cokelat. Itulah yang ingin “direvolusi” seorang anak muda Jepang berusia 30-an bernama Keiichi Yoshino.

15105865247_63b870db41_o

Yoshino menempuh pendidikan di institusi terbaik dunia, yaitu Universitas Oxford dan Universitas Kyoto. Pun dia sempat bekerja di perusahaan jasa keuangan multinasional bergengsi Morgan Stanley. Tapi rupanya itu tak cukup memberinya kepuasan batin. Suatu hari di bulan Maret tahun 2011, Yoshino putuskan mendirikan perusahaan cokelat.

Ini bukan perusahaan cokelat biasa. Pabriknya memang ada di Kyoto, tapi biji kokoanya 100% dari Polewali, Sulawesi Barat. Tak cuma mengimpor biji kakao, Yoshino juga aktif mendidik para petani kakao di Polewali. Misalnya, kakao yang diminta adalah kakao fermentasi, meskipun harga jualnya lebih mahal daripada biji mentahan biasa. Mulanya para petani terheran-heran, karena biasanya mereka hanya menjual biji mentah kakao dengan harga murah.

Tapi perlahan-lahan mereka memahami. Mereka belajar menghasilkan biji kakao yang lebih berkualitas tinggi. Kini, bahkan petani kokoa rekan Yoshino sudah bisa membuat minuman cokelat sendiri. Ya, para petani kokoa di pedalaman Sulawesi sudah bisa menikmati lezatnya rasa cokelat olahan.

Bagi Yoshino, mengubah cara produksi kakao di Sulawesi berarti “merevolusi” tata kelola cokelat dunia. Filosofi perusahaan cokelatnya, “Mengubah dunia dengan kokoa dari Sulawesi”. Wow. Saking kagumnya dengan kokoa asal Sulawesi, Yoshino memberi nama “Dari K” untuk produk cokelatnya. Bentuk pulau Sulawesi kan seperti huruf “K”. Ada-ada saja ya. 😉

15292035092_365a62eddb_o 15292420565_6df4d5a538_o

Oya, K di sini juga bisa berarti Kyoto, tempat segala mimpi Yoshino berawal. Pabrik pengolahan cokelat dan toko utama “Dari K” memang di Kyoto. Catat, nih, alamat tokonya, kalau ke Kyoto harus mampir ke sini: Nakagyo-ku, Imashinzaike Nishi-cho 22, Kyoto. Pabriknya tak jauh dari sini. Selain itu, Dari K sudah buka gerai di Gion Akishino, Kyoto; Mitsukoshi Isetan, Osaka; dan berbagai pusat perbelanjaan bergengsi di Jepang. Yoshino juga sempat menjajaki rencana kerja sama dengan Garuda Indonesia, tapi sepertinya belum berhasil. Di masa depan, anak muda yang ramah ini bercita-cita membuat pabrik pengolahan cokelat dan membuka toko Dari K di Indonesia. Hmm, sudah tidak sabar menunggu, nih! 😉

Lalu, ini yang paling penting, bagaimana rasa cokelat Dari K? Di suatu Jumat yang cerah, saya datang ke toko utama milik Yoshino. Tak disangka, sang pemilik datang dengan mengendarai sepeda ontel. Dia menyapa para tamunya dengan hangat. Kami disuguhi chocolate truffles dan es krim cokelat khas Dari K. Penasaran, saya menggigit cokelat “kiriman” Sulawesi ini.

15105839268_86c2b9cf0a_o

Olala, rasanya memang istimewa. Rasa kakao yang kuat tidak mengurangi kelezatan di lidah. Godiva dan Leonidas yang saya nikmati di centrum Brussel juga lewat rasanya! Yoshino Keiichi, semoga selalu semangat mengembangkan cokelat Indonesia!

Ini dia peta akses ke Toko Dari K

^^ (aul)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s