Kuil Perak Kyoto (Silver Pavilion atau Ginkaku-ji)

Nah, ini dia kuil “kembarannya” Kinkakuji. Ginkakuji, yang biasa disebut “Silver Pavilion”, nama aslinya Jisho-Ji. Sama seperti Kinkakuji, Ginkakuji yang dibangun tahun 1482 ini adalah vila. Pemilik vila cantik ini adalah Yoshimasa Ashikaga, Muromachi Shogun ke-8, cucu dari pendiri Kinkaku-ji, Ashikaga Yoshi-mitsu. Hmm, orang penting ya bo, vilanya pada bagus-bagus. 😉 Sepanjang hidupnya, Yoshimasa mendirikan bangunan yang disebut Kannon-do dan taman yang indah di kompleks vilanya ini. Setelah sang pemilik meninggal, Ginkakuji dijadikan kuil Zen Buddha.

 

11261303094_66c1c3d780_o

11261264685_c6e2627675_o

Oh ya, kalau masuk ke Ginkakuji, jangan kaget melihat bangunan utamanya, Kannon-Do, nggak ada perak-peraknya. Bangunan dua lantai berisi patung-patung Buddha ini dari luar, ya, kelihatan biasa saja, dari kayu. Nggak seperti Kinkakuji yang ngejreng keemasan. Jadi ceritanya waktu Yoshimasa membangun Ginkakuji, dia mengalami kesulitan keuangan. Sampai meninggal, bangunan ini tak jua bersimpuh perak (tsaaaah). Tak apa, lah, tetap cantik.
Nah, biar agak ngejreng, bagusnya datang ke Ginkakuji saat musim gugur. Warna daun yang memerah di taman yang indah juara banget, deh. Baru dua kali masuk ke sini, saya juga belum pernah datang pas musim gugur, sih. Cuma lihat foto orang aja, hehe.

11261268465_858e1c8122_o
11261301106_845dfa72fd_oJangan lupa, di tengah kompleks Ginkakuji ada gundukan pasir putih yang disebut ginsha-dan atau laut pantai perak. Wah, itu ada arti-artinya. Tapi saya nggak ngerti juga, hehe! 😛

Ini peta akses ke Ginkaku-ji


 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s