Kinkakuji, Ikon Utama Pariwisata Kyoto

Bagi wisatawan, Kinkakuji adalah ikon utama yang wajib dikunjungi. Kuil berlapis emas, memantulkan bayangan di kolam yang mengelilinginya, nggak ada duanya buat jadi latar belakang foto wisatawan. Bisa dibilang inilah kuil yang paling populer di Kyoto, bahkan di Jepang.
14175688245_18762a136f_o

Namun bagi anak-anak saya, Kinkakuji adalah taman bermain yang membosankan. Sombong banget, yak. Hehe, jangan berprasangka buruk. Maklum anak-anak adalah pendamping setia Ibun yang sering jadi pemandu wisata dadakan.

Kinkakuji, atau dalam bahasa Inggris disebut Golden Pavilion, nama aslinya adalah Rokuonji. Awalnya, bangunan ini adalah vila Shogun ke-3, Ashikaga Yoshimitsu. Ketika Yoshimitsu meninggal pada tahun 1408, rumah peristirahatan ini diubah menjadi kuil Zen Buddha. Kinkakuji berkali-kali terbakar dibakar, terakhir oleh biksu fanatik pada tahun 1950. Hmm, mungkin biksu ini tidak suka keduniaan…. 😀 Oya, sampai ada novelnya, nih, peristiwa pembakaran itu. Bangunan Kinkakuji sekarang ini hasil pembangunan kembali tahun 1955. Kinkakuji tercatat sebagai Situs Warisan Budaya Dunia yang diakui UNESCO.

14173618734_5883651828_o

Selain bangunan utama, di kompleks Kinkakuji juga ada taman khas Jepang dengan air mancur kecil, rumah minum teh, dan kuil kecil bernama Fudo-do. Mengelilingi seluruh kompleks paling makan waktu satu jam. Enaknya lagi di Kinkakuji, jalannya lumayan datar, masuknya nggak perlu naik-naik bukit kayak Ginkakuji atau Kiyomizudera. Cucok,lah, buat orang Indonesia (wih, underestimate! :D).

Nah, berdasarkan pengalaman saya, turis maunya langsung ke Kinkakuji. Tapi kadang-kadang nyasar ke Ginkakuji, atau Silver Pavilion, kuil kembarannya Kinkakuji, hehe. Ingat-ingat, ya, Kinkakuji itu di utara Kyoto, sedangkan Ginkakuji sebelah timur. Dari Stasiun Kyoto tinggal naik bis 205 atau 101 sekitar 50 menit. Selamat foto-foto! 😉
Oh ya, ini dia peta lokasi nya
Ini dia peta lokasi Kinkaku ji

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s