Miyama Cho: Desa Tradisional di Kyoto

Hari ini kami sekeluarga kedatangan tamu istimewa dari Kobe, Bude Tari. Karena itu kami ingin ”menjamu” tamu dengan jalan-jalan istimewa. Alesan aja, padahal pengen jalan-jalan aja kok. Sekalian mumpung anak-anak besok Senin libur, soalnya kemarin Sabtu undokai (sport day).
Kami memilih pergi ke Miyama Cho, sebuah desa tradisional Jepang. Berjarak sekitar 30 meter di utara Kyoto. Dari Stasiun Kyoto, naik kereta JR Sanin Line, turun di Stasiun Hiyoshi. Ongkosnya 760 yen, waktu tempuhnya kurang lebih 45 menit. Sudah sampai? Beluuuum. Dari Hiyoshi, masih harus naik bis. Bis ini sehari cuma 3-4 kali. Fiuuuh, kalau ketinggalan repot, lah. Untungnya kami tepat waktu. Sekitar 50 menit menempuh jalan berbukit dan setelah membayar 610 yen, kami turun di halte Kita.
Taraaaaa, selamat datang di Kayabuki no Sato. Inilah pusat atraksi Miyama Cho. Dari kejauhan terlihat sekitar 40 rumah beratap rumbia. Semakin didekati, ternyata rumahnya lumayan besar juga. Yang menarik, rumah tradisional ini masih ditempati. Jadi, hidup banget, ada mobil, ada jemuran, hehe.
Kami mampir ke Miyama Folk Museum. Dengan bayar 300 yen, bisa melihat-lihat isi rumah tradisional. Ya, sebagian besar sih alat-alat pertanian. Mereka bilang kuno, di Jawa masih dipakai, tuh, hehe. Yang lucu, kandang sapi ada di dalam rumah! Duuuh.
Selesai putar-putar dan foto, kami makan bekal di taman bermain usang dekat kuil kecil. Maklum restoran di desa ini cuma satu (Alesan sebenarnya sih berhemat, hehe).
Selesai makan, beli es krim di warung (gak ada konbini di sini!), terus pulang deeeeh. Senang juga! ^^

Peta Akses ke Miyama Cho bisa di lihat di sini.
image

image

image

 

 

 

 

 

 

 

 

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s