Ramadhan 2014 di Kyoto

 

          Ini tahun kedua keluarga kami menikmati Ramadhan di Kyoto, Jepang. Masih musim panas, masih berpuasa kurang lebih 16 jam (Subuh sekitar jam 3 pagi, Maghrib sekitar jam 19.15).

          Alhamdulillah, Ayal dan Ilham tetap bersemangat untuk berpuasa sehari penuh. Kalau Ayal, saya dan Abahnya tidak terlalu khawatir. Dia sudah hampir 9 tahun, sudah berpuasa penuh sejak kelas 1 di SDIT Insan Mandiri, Jakarta. Nah, khusus Ilham, kami agak khawatir. Maklum anak bungsu, hehe. Ilham masih 6 tahun, baru duduk di bangku kelas 1 SD Negeri Yotoku, Kyoto. Memang sejak tahun lalu dia sudah berpuasa penuh. Tapi tahun lalu puasa tepat saat libur musim panas, jadi tak perlu terlalu capek di sekolah. Nah, sekarang dia harus puasa 16 jam di tengah cuaca panas dan banyak aktivitas di sekolah? (Saya aja berjuang keras, hehe) Oya, musim panas di sini bisa lebih panas dari di Indonesia lho, real feel-nya bisa sampai 40 derajat celcius.

          Tapi Ilham memaksa untuk puasa sehari penuh (dia tidak mau puasa setengah hari). Meskipun gurunya khawatir, tapi diijinkan juga. Ya, mereka amat menghargai masalah ibadah orang lain. Cuma perjanjiannya, kalau olah raga atau berenang, Ayal dan Ilham puasa setengah hari saja. Biar guru-gurunya tidak terlalu khawatir.

          Ini contoh antusiasme anak-anak menyambut Ramadhan: (foto 1)

         2014-06-27 21.09.25

Syukurlah, hingga hari ke-7 Ramadhan ini, Ayal dan Ilham bisa berpuasa dengan ceria. Malah lebih kuat dari orang tuanya, hehe. Mereka masih asyik lari-lari di taman, orang tuanya lemas. 😀

          Ini foto anak-anak yang tetap ceria meskipun berpuasa: (foto 2)

 2014-07-03 16.12.41

          Sahur dan bukanya makan apa? Hmm, standar makan biasa saja, soalnya Ibunya anak-anak nggak jago masak, hehe. Sahur makan nasi dan lauk yang mereka suka seperti ayam goreng dan sop, biar semangat. Buka puasa didahului dengan makanan manis seperti kue-kue dan minuman manis buatan Ilham. Ya, anak-anak kami tugasi membuat satu jenis makanan atau minuman ringan. Kebetulan Ilham memang suka masak atau bikin-bikin minuman gitu, deh.

          Setelah buka puasa dengan yang manis, kami sholat maghrib, baru makan malam dengan nasi dan lauk lengkap.

Ini salah satu contoh hidangan buka puasa kami. Ceritanya sih bikin kolak, hehe…. : (foto 3)

         2014-06-30 19.08.00

Nah, kemarin kami buka puasa bareng komunitas Indonesia di Kyoto. Sayang nggak sempat foto, hiks. Nah, itu kesempatan kami makan hidangan khas Indonesia kala buka puasa seperti kolak, palu butung, dll. Nanti bakal ada buka puasa besar-besaran komunitas muslim di Kyoto. Kesempatan untuk mencicipi hidangan buka puasa dari berbagai macam negara.

          Ini foto buka puasa bersama komunitas muslim di Kyoto tahun lalu. Kami menyajikan masakan khas Indonesia mulai nasi goreng sampai rending sampai klepon: (foto 3)

 971571_10151799403323679_2140756428_n

          Oya, sebelum buka puasa atau sebelum shalat tarawih, kami sempatkan mengaji. Biasanya Abahnya mengajari bacaan, Ibunya mengawasi hafalan Al-Qur’an (maklum Ibunya nggak sabar ngajarin, hihihi).

            Sekitar pukul 9 malam, kami shalat Isya’ dan Tarawih berjama’ah di rumah. Sebenarnya ada sholat tarawih di Masjid Kyoto (ini sebenarnya lebih mirip dengan aula kecil tempat komunitas muslim di Kyoto berkumpul). Tapi karena cukup jauh dari apartemen kami, sudah malam pula, maka pemimpin keluarga kami memutuskan mengimami keluarganya di rumah saja. J

          Ini foto kami sedang shalat berjamaah di rumah: (foto 4)

 11260455093_dab734920c_k

          Doakan kami tetap konsisten beribadah di bulan Ramadhan, ya! Semoga kita semua meraih kemenangan di Hari Raya Idul Fitri nanti.

          Ini foto lebaran kami di Hiroshima (tempat kakak ipar saya) tahun lalu: (foto 5 dan 6)

   14175279425_aef518c5aa_b14171966491_63f4573206_k

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s