Kodomo Miraikan(子供 未来感)

Menurut kamus. Kodomo Miraikan kira-kira berarti rumah untuk masa depan anak-anak. Hmm, mungkin ada benarnya. Bagi kami yang awam bahasa Jepang ini, yang jelas Kodomo Miraikan adalah salah satu tempat favorit keluarga kami.

Kodomo Miraikan terletak di lokasi yang strategis di Kyoto, dekat dengan Gosho/Imperial Palace dan Balai Kota Kyoto. Terdiri dari halaman yang luas dan  bangunan tiga lantai. Di lantai satu ada Genki Land, tempat bermain dalam ruangan yang dikhususkan untuk anak usia preschool. Nah, jadinya Aya yang berusia 8 tahun nggak bisa main di sini, hehe. Lalu lantai dua sepertinya sih kantor pengelolanya, ya. Baru lantai tiga khusus untuk anak-anak juga, perpustakaan yang semua isinya buku anak-anak. Wow, seru ya! Istimewanya, tempat ini gratis! Makin bersemangat kan pergi ke sini.

2013-08-29 11.19.46


Kodomo Miraikan buka mulai pagi – kayaknya jam 9, lupa nih, hehe – dan tutup jam 5 petang. Biasanya sih, kalau anak-anak libur, kami datang jam 10an. Ilham tentu saja bersuka ria main di Genki Land, bareng bayi-bayi, hehe. Dari perosotan sampai lego sampai kolam bola ada di sini. Ya, khas arena bermain indoor lah. Kalau di Indonesia banyak di mal-mal dan pastinya bayar, dong. Alhamdulillah bisa gratisan di sini. Yang menarik, semua mainan di sini terbuat dari kayu. Kayaknya nggak ada yang plastik, deh. Termasuk lego dan bola-bola di kolam bola. Hmm, dijamin aman, dong. Biasanya setelah capek lari-larian, Ilham main lego, merancang rumah untuk orang miskin katanya. Terharu…..

img1377852908110

Nah, makan siang biasanya kami bawa bento alias bekal sendiri. Hemat pangkal kaya, dong, hehe. Karena dilarang makan di dalam gedung, kecuali di kafe lantai satu, kami makan di halaman. Sekalian main di luar ruangan, yang mainannya juga tak kalah lengkap. Ada perosotan, jungkat-jungkit, dsb. Oya, halaman yang luas itu bisa dipakai untuk main bola atau softball atau apa lah.

Setelah makan siang dan main di luar ruangan, kami balik ke dalam gedung. Sekitar jam dua siang, para pengasuh di Miraikan menyanyi dan membacakan cerita untuk anak-anak. Kayak di TK, lah. Ilham senang banget waktu nyanyi lagu soundtrack Totoro. Totoro, totoro…..Tak henti-hentinya dia bersenandung. Kalau emaknya Ilham mah, senang pas dibacakan cerita anak-anak, hitung-hitung latihan listening, hehe.

Setelah bosan di lantai satu, kami ke lantai tiga. Waktunya baca buku. Tapi dalam bahasa Jepang, hiks. Belum sempat eksplor, sih, ada buku bahasa inggrisnya nggak.

Hmm, nggak kerasa sudah seharian di sini. Waktunya pulang, yuk! Moga-moga nanti ada tempat seperti Kodomo Miraikan di Indonesia. Aamiin……

Berikut Peta Kodomo Miraikan:

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s